Planning Setelah Lulus Sekolah

 

SETELAH LULUS SMK MAU KEMANA?

Sebelum saya bercerita tentang akan kemana saya setelah lulus SMK. Mari kita berkenalan terlebih dahulu,  perkenalkan nama Saya Sonia Suryani,  teman-teman biasa memanggil Saya dengan nama Ncon. Umur Saya sekarang 17 tahun, tetapi nanti 26 juni Saya berumur 18 tahun. Tempat tinggal Saya di Bandung. Saya bersekolah di SMK Negeri 3 Bandung jurusan Pariwisata. Sekian perkenalan dari Saya, mari Kita lanjut dengan tugas Saya ini, yaitu menulis artikel.

Tahun ini 2022, Saya akan meninggalkan sekolah tercinta ini, rasanya sedih karena Saya akan meninggalkan teman-teman, guru-guru dan sekolah tercinta ini. Tetapi, Saya merasa senang dan juga lega bisa lepas dari segala tugas dan ujian-ujian. Tetapi masih ada ujian praktek yang akan Saya lalui termasuk tugas artikel ini. Tapi, tidak apa-apa Saya senang bisa menceritakan kemana Saya setelah lulus dari SMK Negeri 3 ini. Banyak cerita dan momen yang telah saya alami dan lakukan ketika masa-masa SMK. Awal mengapa Saya memilih untuk masuk SMK dibandingkan dengan SMA, karena katanya setelah lulus, SMK bisa melanjutkan kerja bisa juga melanjutkan kuliah. Ada beberapa hal yang terpikirkan di otak Saya.

Pertama, melanjutkan ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi, atau kuliah. Sejak awal saya masuk SMK, Saya berencana untuk melanjutkan Pendidikan saya ke Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (NHI), karena di SMK Saya mengambil jurusan pariwisata. Di pariwisata, Saya tertarik dengan mata pelajaran ticketing (Pemesanan Tiket Tarif Penerbangan). Jadi saat di kuliah nanti Saya akan mengambil program studi Manajemen Bisnis Perjalanan. Karena program studi tersebut nantinya Kita bisa bekerja di Bandara bagian pemesanan tiket pesawat. Dan untuk pilihan keduanya Saya memilih program studi Manajemen Destinasi Pariwisata. Mengapa Saya memilih program studi tersebut, karena katanya bidang tersebut nantinya Kita bisa menjadi dosen di bidang pariwisata. Tetapi saat Saya memasuki bangku kelas dua belas, Saya semakin bingug untuk melanjutkan Pendidikan ke pariwisata lagi. Tidak tahu mengapa, mungkin Saya sudah tahu suka duka mengenai anak pariwisata. Jadi saat ini saya tertarik mengambil jurusan Administrasi. Maka Saya setelah lulus dari sekolah, Saya akan daftar ke Sekolah Tinggi Ilmu Administrrasi (STIA LAN Bandung). Di STIA LAN, pilihan pertama Saya memilih jurusan Administrasi Bisnis Sektor Publik. Karena di zaman sekarang banyak perusahaan yang membutuhkan bidang tersebut dan prospek kerjanya pun luas. Seperti di BUMN. Dan untuk pilihan kedua, Saya memilih program studi Administrasi Pembangunan Negara. Awalnya program studi ini akan menjadikan pilihan pertama, tetapi Saya ragu takutnya nanti Saya tidak mampu dengan mata kuliahnya yang berat. Dan apabila pahitnya Saya tidak diterima di STIA LAN, Saya mempunyai rencana lain untuk daftar ke Politeknik Sosial Bandung (Poltekesos). Di Poltekesos saya akan memilih program studi Pekerja Sosial (Peksos). Mengapa Saya memilih program studi tersebut, karena Saya senang bersosialisasi dengan orang dan juga bidang tersebut nantinya akan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau yang sekarang disebut dengan Aparatur Sipil Negara (ASN)

Kedua, apabila pahitnya Saya tidak diterima di kedua pilihan kampus tersebut. Maka Saya memilih untuk bekerja. Cita-cita Saya yaitu ingin menjadi pramugari. Tetapi ada beberapa kekurangan di diri Saya yang menghambat Saya untuk tidak jadi Pendidikan pramugari. Contohnya tinggi badan Saya yang kurang dan juga mata Saya yang rabun. Jadi rencananya setelah lulus, Saya akan mencari pekerjaan paruh waktu di kedai kopi atau apapun itu yang penting Saya bisa memanfaatkan waktu luang Saya sambal menunggu tahun selanjutnya untuk mendaftar kembali ke kampus pilihan Saya tersebut. Dan Saya juga akan mencoba melamar pekerjaan di PT KAI ataupun di bandara di bagian pemesanan tiket ataupun staff lainnya.

Ketiga, Saya mempunyai rencana untuk membangun usaha sendiri. Karena Ibu Saya mempunyai bisnis di bidang pakaian, maka Saya akan membantu Ibu Saya untuk mengembangkan bisnisnya dengan cara modern. Saya akan mengembangkan bisnis melalui online seperti Instagram, Facebook, Shopee dan juga Whatsapp. Dan Saya juga berencana untuk mengajak teman-teman Saya untuk ikut berbisnis agar Kami bisa sukses Bersama-sama. Mungkin juga berbisnis dengan teman lebih seru dibandingkan bisnis sendiri, iya kan teman-teman? Dan Saya juga mempunyai ide untuk mengembangkan bisnis di bidang kuliner, seperti berjualan cemilan.

Terakhir adalah menikah, Ibu Saya berkata “Apabila kamu saat lulus sekolah satu tahun atau dua tahun kemudian sudah ada jodohnya yang tepat yang mapan yang bisa membawa Kamu ke jalan yang benar apa salahnya untuk langsung menikah saja, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan”. Saat Ibu Saya berkata tersebut Saya sedikit takut dan merenung, karena di umur Saya yang masih muda ini apakah sudah siap Saya untuk mengurus rumah tangga? Sedangkan Saya masih ingin untuk bersenang-senang dengan teman-teman. Tetapi tidak apa-apa, mungkin bila sudah waktunya Saya juga akan belajar untuk menuju lebih dewasa lagi. dan tidak berfikir lagi “Besok main kemana ya?”

Tips untuk adik-adik yang masi sekolah atau siapapun itu yang membaca artikel Saya. Bila Kalian yang ingin melanjutkan ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi atau kuliah, sebaiknya Kalian harus sudah menentukan kampus dan program studi apa yang akan Kalian ambil dan sesuai dengan potensi minat Kalian. Jangan sampai saat menduduki kelas dua belas kalian belum menentukan pilihan kalian mau kemana. Dan jangan lupa belajar bersungguh-sungguh untuk kalian yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi di jauh-jauh hari, agar tidak menyesal kemudian.

Dan untuk kalian yang ingin melanjutkan bekerja atau membuat usaha sendiri. Kembangkanlah potensi Kalian ada dimana. Bagi yang memilih untuk lanjut bekerja, Pertama-pertama Kalian jangan melihat seberapa gajinya terlebih dahulu. Tapi ambil pengalamannya, rezeki tidak ada yang tahu. Siapa tahu suatu saat nanti Kita tiba-tiba diberi kenaikan gaji. Dan jadilah pekerja yang disiplin dan juga pekerja keras. Karena usaha tidak menghianati hasil. Dan juga untuk Kalian yang akan membuat usaha sendiri, kembangkanlah usaha Kalian tersebut. Jangan sampai pantang menyerah. Namanya juga usaha kadang dibawah kadang diatas.

Sekian cerita tentang kemana saya setelah lulus dari SMK. Mohon maaf apabila ada kata yang kurang baik. Saran yang dapat membangun saya untuk tidak pantang menyerah adalah "Jika salah, perbaiki. Jika gagal, coba lagi. Tapi jika Kamu menyerah, semuanya selesai". Semoga artikel yang Saya tulis ini dapat bermanfaat dan juga dapat menginspirasi bagi adik-adik atau Kalian yang membaca. Dan semoga tips dari Saya bagi Kalian yang masih bingung mau kemana saat lulus dari sekolah dapat berguna dan juga bermanfaat untuk Kalian. Terimakasih untuk Kalian yang membaca artikel Saya, salam sukses untuk semuanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MALUKU UTARA